Minggu, 26 Februari 2012

Selamat Hari Jadi Kota Denpasar

Denpasar, ibukota Provinsi Bali ini merayakan hari jadinya setiap tanggal 27 Februari. Tahun ini, sedikit special karena Denpasar sudah berusia 2 dasawarsa tepatnya 20 tahun. Benar sekali, Denpasar lahir pada tanggal 27 Februari 1992 yang ditandai dengan berpisahnya Denpasar dari Kabupaten Badung. Pemisahan wilayah administratif ini sebagai bentuk implementasi harus adanya kotamadya dalam tiap provinsi di Indonesia. Berdirilah Kotamadya Denpasar yang saat itu terdiri dari 3 kecamatan yaitu Denpasar Barat, Denpasar Timur dan Denpasar Selatan. Dalam perkembangannya, satu kecamatan dibentuk yaitu Denpasar Utara. Visipun telah dibentuk dengan mengembangkan Denpasar sebagai Kota Budaya. Salah satu implementasinya adalah dengan penataan kawasan sepanjang Jalan Gajah Mada hingga ke titik nol alias pusat Kota Denpasar yaitu bundaran Patung Catur Muka. Kawasan Gajah Mada menjadi begitu special, karena jaman dulu menjadi pusat perekonomian bagi warganya dengan berdirinya pusat pertokoan disepanjang jalan dan adanya 2 pasar besar yang dibelah oleh Tukad Badung, yaitu Pasar Badung di timur sungai yang berfungsi sebagai pasar umum dan Pasar Kumbasari di sisi barat sungai yang berfungsi sebagai pasar seni. Tidak heran Bank Mandiri saat itu yang belum merger memiliki 5 kantor yang tersebar dikawasan ini diantaranya Kantor Cabang Veteran (saat ini juga berfungsi sebagai Kantor Wilayah dan Kantor Area), Kantor Cabang Gajah Mada, Kantor Kas Kumbasari, Kantor Cabang Udayana dan Kantor Unit Bisnis Commercial Banking Center. Keseluruhan kantor Bank Mandiri ini ada di keempat penjuru mata angin dari bundaran Patung Catur Muka. Dengan keberadaan Bank Mandiri seperti ini di Kota Denpasar, maka kami sebagai insan Bank Mandiri merasa sangat perlu mempublikasikan informasi tentang kota tercinta, Denpasar sambil mengucapkan "Selamat Hari Ulang Tahun Kota Denpasar ke-20." Semoga selalu menjadi kota berbasis budaya dengan menghormati keragaman, tapi tetap menjaga budaya Bali.

Titik Nol Kilometer atau pusat Kota Denpasar adalah Patung Catur Muka yaitu Patung yang memiliki 4 muka simbol Catus Patha atau pusat segala aktivitas warga kota Denpasar. Di sekitar patung ini terdapat beberapa bangunan penting diantaranya Kantor Walikota Denpasar, Gedung Jaya Sabha (Rumah Jabatan Gubernur Bali), Museum Bali, Pura Jagatnatha, Lapangan I Gusti Made Agung (Alun2 Puputan Badung) serta tentunya 5 kantor cabang Bank Mandiri...

Pasar Badung sebagai pusat perdagangan terbesar di Bali semenjak tahun 2000 mulai dilakukan penataan. Seperti pertokoan di jalan Gajah Mada didepan Pura Desa yang dilakukan pembongkaran dan digantikan dengan Candi Bentar untuk menjadikan kawasan ini sebagai salah satu branding dari Kota Denpasar. Dari kawasan ini, terlihat begitu cantik apabila bertepatan dengan bulan purnama. Dari kawasan inilah pencipta lagu "Denpasar Moon"  mendapatkan inspirasi. Lagu ini terkenal di tahun 1990-an dan dinyanyikan oleh Maribeth.

Aktivitas transaksi di salah satu sudut di Pasar Badung banyak menjadi spot foto  menarik bagi para fotografer dan wisatawan asing yang sedang melakukan city tour. Aktivitas city tour sangat digemari oleh wisatawan Eropa dan Jepang berupa naik kendaraan tradisional dokar, berbelanja di pasar, serta diakhiri dengan mengunjungi Museum Bali dan Pura Jagatnatha.

posted by: Ari Putranta

2 comments:

  1. ini nih foto yang aku demen banget...

    soo colorful....mantap dah gan...hehehe....

    BalasHapus
  2. wah, ga cukup dah helem ane ntar gan, hakzz

    BalasHapus