Rabu, 29 Februari 2012

Hunting Pertama Sahabat Sebelas Photography

Pagi itu sabtu tanggal 24 Desember 2011, sekelompok orang yang punya hobby sama berkumpul di halaman kantor Bank Mandiri di bilangan jalan Veteran Denpasar. Sebuah benda hitam menggantung di masing2 leher mereka dan diatasnya terpancar muka2 sumringah... Hari itu adalah hari pertama sekelompokk bankir dari Bank Mandiri untuk melakukan hunting foto ke wilayah Gianyar. Mereka adalah Ari Putranta, Ary Wisudha, Dewa Hendra, Runartha, Dewa Adit dan Deru. Sebuah agenda yang disusun mendadak dan disepakati bahwa hari ini akan menuju sebuah tempat yaitu perajin gong di daerah Batuan Gianyar. Dua orang anggota sahabat meluncur langsung ke lokasi karena rumah mereka ada di Gianyar, mereka adalah Dewa Budi dan Pande Mengkarat. Berharap kami akan bisa merekam momment aktivitas perajin gong ketika bekerja. Lokasi kedua yang kami tuju adalah air terjun Tegenungan, sebuah tempat dengan harapan kami dapat foto landscape air terjun di tengah persawahan. Simak hasil-hasil foto kami saat hunting pertama bersama sahabat Sebelas Photography, semoga berkenan...

Inilah para sahabat Sebelas Photography saat hunting pertama, dari kiri ke kanan: Ari Putranta, Ary Wisudha, Dewa Budi, Ruru, Pande, Deru, Dewa Hendra dan Dewa Adit.

Jemari perajin yang melakukan finishing pada perangkat gong. Finishing dilakukan dengan menambah hiasan prada pada pelawah atau body gamelan. Seperangkat gamelan Gong Kebyar biasanya diselesaikan oleh perajin dalam waktu 3 sd 4 bulan tergantung design yang diminta oleh konsumen.

Harapan kami memilih lokasi perajin gong adalah mendapatkan momment saat perajin bekerja penuh dengan bara api. Tetapi menurut perajin yang kami temui saat hunting, membutuhkan dewasa atau hari baik jika perajin akan menggunakan prapen atau tempat pembakaran logam. Informasi penting bagi fotografer yang ingin mendapat momment seperti itu.
























*Aksi lapangan para sahabat Sebelas Photography lokasi perajin Gong Sidha Karya Desa Batuan Gianyar. Walaupun kami melakukan aktivitas memotret, kami sebelumnya mohon izin dan tidak mengganggu seniman yang sedang bekerja demi mendapatkan ekspresi natural dari mereka.

Lokasi kedua adalah air terjun Tegenungan. Tampak air terjun dan aksi lokasi para sahabat Sebelas Photography.

Sampai jumpa pada hunting berikutnya sahabat, SALAM JEPRET! :)

posted by: Ari Putranta

0 comments:

Posting Komentar